#BrideTalk07 - Seragam Keluarga dan Bridesmaid!

11:41:00 AM

source: pinterest
Hi everyone!

Bulan Februari udah mau abis, syukurlah mood nulis blog ini keburu hadir , jadi absen bulan Februari gak kosong-kosong amat hehe. Sebel deh kalo si hawa males ngeblog udah merajalela.

Hari H hampir sebulan lagi dan persiapanku alhamdulillah udah sekitar 75%, yeay! Kali ini mau bahas seragam dulu ah, soalnya ini banyak drama banget wkwk.

Bingung deh jelasinnya gimana, seragam ini banyak banget kubu-nya! Secara garis besar sih yang ngurusin seragam dibagi 3. Seragam temen-temen aku dan a gilang dipegang oleh kita berdua, seragam dari pihak laki-laki dipegang oleh mama mertua dan dari pihak perempuan dipegang oleh mamaku tentunya.

Memutuskan siapa aja temen-temen yang bakalan dikasih seragam itu lumayan pusing juga loh. Maunya ngasih temen-temen yang paling dekeeet banget sampe kita selalu curhat suka-duka sama mereka, atau karena mereka selalu ada buat kita termasuk bantuin persiapan wedding kita. Tapi kan sering jalan juga sama yang lainnya. Tapi kalo dikasih semuanya, over budget banget nih!

Akhirnya aku pilih temen-temen yang beneran deket aja deh meskipun emang keseluruhannya mereka ga saling mengenal, tapi yaudah lah gapapa. Aku campur kebanyakan temen SMA sih karena ada temen kosan waktu di SMA yang emang dari SMP sekelas juga. Terus karena aku pingin banget ngasih juga ke temenku waktu kuliah, akhirnya aku kasih aja deh sekamar pas asrama.

Drama beli seragam ini terjadi saat beli seragam punya temen-temenku. Jadi karena over-excited mau beli seragam bridesmaid (ceilah gaya nya bridesmaid), aku beli awal-awal tahun baru karena biasanya harga masih sama dengan harga tutup buku akhir taun. Udah gitu, beli di awal-awal biar kalo ada salah beli bisa di over ke seragam grup lainnya hehe. Pada dasarnya memang aku kurang begitu paham soal perkain-kainan, jenis apa yang bagus dan harga normal kisaran berapa. Akhirnya aku ajak temenku untuk beli bareng. Tujuannya biar si temen aku milih sendiri yang menurut dia sekiranya bagus dan cocok buat dipakai. Tapi pada akhirnya tetep aja aku sendiri yang pilihin hahaha.

Jadi untuk seragam temen-temenku terpilihlah set batik warna pink cerah. Setelah itu, aku kan dikasih bahan kain buat dijahit jadi seragam bhayangkari. Eh ternyata warnanya samaaaa dengan bahan kain atasan seragam bridesmaidku T_T. Rasanya tengsin gitu ya kalo entar pas di resepsi kan pasti banyak banget ibu-ibu bhayangkari. Udah gitu emang sejak saat itu entah kenapa rasanya menyesal, kenapa gak beli bahan dress aja, kenapa batik? And then, akhirnya aku putusin itu buat jadi seragam keluarga aja, karena setauku mamaku belum beli seragam keluarga (karena biasanya doi ngajakin aku).

Ternyata....udah beli. Lengkap dengan seragam temen-temennya di Puskesmas.

Sedih kan? Yasudah akhirnya aku coba jual ke temen-temen yang punya toko/butik gitu kan. Seminggu pertama gak laku dong, lalu aku coba blogwalkin barangkali ada yang sepengalaman sama aku, dan nemu blognya Wefindria (klik disini) dan langsung contact dia karena di salah satu postnya dia cerita gagal beli berpuluh-puluh meter kain polos dan brokat lalu akhirnya diganti. DUH lebih parah daripada aku sih dia, wkwk. Setelah nanya di IGnya ternyata dia ga jual lagi, tapi disimpen aja karena pasti bakalan kepake untuk seragaman selanjutnya. Well Ya, aku sih lebih baik jadi dikasihin aja ketimbang disimpen dan gatau kapan bagi-bagi seragam lagi kan.

Then, aku coba usaha jualin lagi dengan harga miring banget. Perhitungan jualnya seharga kain yang bakal aku beli nanti ketika udah kejual, biar gak rugi-rugi amat. Hehe. Aku pasang deh iklan di Carousell, Prelo, Instagram. Seminggu-dua minggu emang gak laku laku tapi aku terus doa dan usaha iklanin di up up terus, karena pasang iklan di Prelo enaknya kita bisa terus up iklan kita tiap hari. Sebenernya emang niat ada gak ada yang beli juga disyukurin aja. Kalo pun emang ga ada yang minat ya gpp aku bakalan tetep kasihin ke temen-temenku. Dan ternyataaaa akhirnya kejual juga di Prelo haha makasih banyak ya Prelo :* Bener-bener recommended jual barang preloved disana, hihi.

Akhirnya aku beli lagi deh bahan dress. Karena aku gak mau ngulangin kesalahan aku, aku googling dulu bahan yang biasa dipakai buat seragam bridesmaid. Dan akhirnya ketemu dari satin roberto cavalli. Jenis satin yang gak begitu mengkilap dan bahannya tetep jatuh tapi gak mudah kusut. Ketika googling aku banyak nemu review kalo harga roberto cavali ini bisa lebih murah (mencapai 27ribu /meter), tapi belinya di Pasar Mayestik, Jakarta. Kalo di Tasik mah paling bantet dapet 32.500 aja. Karena keterbatasan dana (ZAD:"), aku niatnya mau ngasih sama kain tilenya aja, jadi dikasih model potongan kaya gini.

cantik-cantik ya :')


Well, akhirnya aku beli kain polosannya aja warna dusty pink masing-masing 2,5m, tanpa brokat atau kain tile. Karena takut gak semuanya suka juga sama model potongan kaya gitu. Lagian sekarang banyak ko model baju bridesmaid dress polosan dan malah makin keliatan anggun. Tapi kalo aku sih misal mereka mau tambahin aksen-aksen yang lainnya boleh-boleh aja.

Untuk packagingnya, awalnya tertarik banget sama box-box shabby chic yang lagi musim lengkap dengan bridesmaid cardnya. Tapi ternyata mahal bok! Box-nya aja sekitar 30ribuan /pcs, bridesmaid cardnya 5-10ribu /pcs. Karena gak mau budget membengkak lagi, aku cari yang jual paperbag aja deh, syukur-syukur bisa custom.

Ternyata, di percetakan tempat aku bikin undangan pun dia bisa custom paperbag. Pesen disana aja deh, harganya 5rb /pcs. Aku pesan 15 pcs dan dikasih 20 pcs dong, karena mungkin aku order invitation card pun disana. Untuk bridesmaid card nya aku bikin online saja di canva (klik disini). Awalnya mau di print di percetakan juga, tapi ah kita berhemat lagi ya (teteup). Akhirnya aku send via line aja deh hehe. Biarpun emang kurang resmi, tapi kalo ngasihinnya dengan kita ngajak makan atau pergi keluar mah fine-fine aja. Temen sendiri ini kan? Hehe. Hasilnya kaya gini.

custom paperbag

sebagian laginya sudah dikasihin
handmade by me, xoxo

e-bridesmaid card


H-30 seragam sudah selesai disebarkan. Drama seragam pun selesai. Gak sabar deh liat mereka pake seragam cantik-cantik hihi.

Seragam lainnya yang aku dan a Gilang beli adalah buat temen-temen seangkatannya a Gilang. Entah kenapa mereka tiba-tiba nagih seragam, padahal terakhir nikahan temennya, gak ada tuh yang ngasih seragam? (pamrih banget ya, haha). Ya akhirnya yang tadinya gak akan bagi-bagi seragam pun jadinya dibeliin saja, lengkap dengan kain untuk bhayang-bhayangnya -_-

Kita jadi kasih kain batik aja, 1,75m untuk kemeja laki-laki dan 2m untuk rok perempuan. Belinya bahan semi sutra, warna merah. Sebenernya aku naksir yang model warna ijo, tapi karena ini seragaman temenya a gilang dan dia lebih suka yang merah, yasudah beli yang merah saja hehe. Meskipun bahan semi sutra agak panas, tapi aku suka sama kain-kain yang kesannya jatuh dan lembut. Beli buat 12 pasang is whaaaaat banyak bener dah -_- tapi kita ikhlas ko temen-temen, tenang aja. Karena aku punya kecurigaan nantinya ini bakalan jadi seragaman angkatan doi, kita beli juga deh sepasang. Dijahitnya entaran aja hehe.

Tips buat temen-temen yang mau beliin seragam bridesmaid dari aku:
1. Pastikan siapa aja temen yang bakalan kalian kasih. Hitung jumlahnya, biar belinya barengan gak misah-misah. Karena harga kita ngambil banyak bakalan jauh lebih murah dibanding kalo kita cuman beli 2-3 meter aja.
2. Pilih model yang kamu idamkan temen-temenmu pakai baju saat hari terbesarmu. Mau pake kebaya batik atau dress? Pikirkan mateng-mateng karena ternyata harga kain satu set batik sama aja dengan satu set dress (+brokat).
3. Sesuaikan budget. Ini poin penting banget! Kalo bisa kalian main-main aja dulu ke toko kain dan cek harga aja, jangan langsung beli. Sesuaikan dengan budget yang kalian punya. Kalo cocok, go buy it! Kalo belum cocok, tunggu! Nabung lagi atau cari bahan lainnya.
4. Setelah semua konsep udah mateng, baru kalian lakukan transaksi. Teguhkan hati dan Jangan liat kanan kiri lagi! Apalagi kalo udah dibeli kainnya, udah, jangan buka-buka lagi akun bridesmaid. wkwk.
5. Ini sih bukan tips beli ya tapi masukan aja. Dipikir ulang apakah kalian mau bagi-bagi seragam atau engga, karena gak semua orang suka dikasih bahan kain loh! Karena biaya ngejahit dress itu lumayan juga. Belum lagi kalo cuman ngasih segebet kain polos doang kaya aku, hehe. Mau agak gayaan kudu ngemodal beli brokat lagi. Belum lagi kalo kerudung di lemari gak ada yang cocok sama warna seragamnya? Kudu beli lagi dong, yaaaa pokoknya be wise lah. Kalo ternyata temen-temenmu senang dikasih bahan kain ya udah kasih. Yang terpentingmah temen-temen senang pokonya.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Lagi nyari2 jenis kain apa yang dipake buat bridesmaid, tiba2 buka blog ini, dan asa kenal sm tanggal pernikahan dan nama pengantinnya. Ternyata kamu ya deeev😁😁😁

    ReplyDelete
  2. Ka bikin undangannya waktu itu dmn? Trimakasih

    ReplyDelete
  3. Thanks kak infonya bermanfaat sekali karna ak jg lg cari referensi kain utk bridesmaid ku heheheh

    ReplyDelete
  4. Hallo calon pengantin, ada rencana menikah tapi gak mau ribet? HIS Balai Sartika Bandung menyediakan All in Package Wedding lho!
    Kamu bakal dapet apa aja sih?
    - Fasilitas Gedung (Full karpet & AC)
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard

    BONUS: Exclusive Honeymoon 3D2N ke Bali dan cashback 20Jt!
    Untuk lebih lanjut hubungi Zulfa 089611648377 sebagai Wedding Consultant kamu ;;)

    ReplyDelete
  5. Hallo akang teteh calon pengantin..Aku mau rekomendasiin gedung pernikahan nih yang mewah tapi low budget di Kota Bandung.. Nah jadi di Bandung itu ada HIS BALAI SARTIKA yang bakal ngebantu nyiapin hari bahagia akang dan teteh mulai dari venue (Balai Sartika Convention Hall), catering, dekorasi, dokumentasi, entertainment, makeup, MC, Upacara Adat, Siraman & Pengajian, WO, pokoknya hampir semua kebutuhan pernikahan udah tercover semuanya. Menariknya lagi ada BONUS HONEYMOON PACKAGE DAN CASHBACK loh kalo booking di bulan ini!! Satu lagi nih kelebihan yang bisa didapat oleh akang dan teteh, yaitu kami akan bantu untuk negosiasi dan koordinasi dengan semua vendor, jadi akang dan teteh ga usah pusing lagi komunikasi sama vendornya. Menariknya nih, kalau akang teteh booking bulan ini itu udah pasti dapet promo menarik yaitu dapetin Iphone 8!!!! Gausah ragu akang teteh buat nanya dan konsultsi, langsung aja yu konsultasi mengenai pernikahannya ke aku via WA +6281312214233. Free konsultasi loh..

    ReplyDelete
  6. Salam kenal kak. Boleh dong untuk mengunjungi situs kami fitinline, tersedia berbagai macam jenis kain
    jenis kain untuk segala kebutuhan.
    Regards, fitinline

    ReplyDelete

  7. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete
  8. Halo kak, Sedang butuh jenis kain untuk pembuatan Gamis dan Gaun yang berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami fitinline dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline

    ReplyDelete

Subscribe