[ChitChat] Generasi 90an Selamatkan Lagu Anak - Campaign #SaveLaguAnak

2:47:00 PM

source: instagram
Assalamualaikum.

Kapan lalu ketika lagi booming si neng socmed Idol remaja masa kini (re: Awkarin), aku tersesat di salah satu channel Youtube milik siapa gitu lupa namanya, dia ngebahas tentang lagu anak-anak dengan judul Lelaki Kerdus. Sebenernya aku udah lumayan lama denger kata 'lelaki kerdus' ini tapi beneran gak ngerti maksudnya apaan gara-gara kudet :(

Karena penasaran, aku search di youtube lagu lelaki kerdus. Dan pas nonton ampe habis......ku gak bisa berkata apa-apa. Bengong aja denger liriknya dan yaaa mual enek sebel juga. Ini lagu siapa yang nyiptainnya sih? Dimana akal pikiran mereka nyuruh anak kecil nyanyi lagu macam begini? Terus itu ada aja pemain di video clip nya kan orang tua gitu, gimana pemikirannya sih? Masa iya mereka (tim produksi) nganggap lagu ini lucu-lucu aja ketika mereka sebagai orang tua dikata-katain kasar sama anak kecil dibawah 12 tahun? 

Gak lama setelah itu, aku liat instagramnya Tasya Kamila (artis cilik generasi 90an). Di postingannya itu dia lagi bersama teman-teman artis cilik lainnya juga, seperti Joshua, Leonny, Dea, Tina Toon, Chiquita, dll. Terus dia pake hastag Save Lagu Anak dan ngarahin untuk buka vlog terbarunya Joshua. Akhirnya aku tonton dan isinya semua adalah keresahan-keresahan para mantan artis cilik ini mengenai lagu anak jaman sekarang, gara-gara ada si lelaki kerdus itu.


Kalo jaman dulu, lagu-lagu anak tuh ajakan buat menyayangi ibu dan ayah, curahan kasih anak kepada keluarga. Kalo pun ada lagu yang liriknya agak jahat-jahat gimana gitu, itu pun cuman buat ibu tiri (meskipun sebenernya gak semua ibu tiri jahat). Nah ini malah ngajarin ngata-ngatain bapak kandungnya sendiri yang selingkuh, pake bahasa caci maki yang sebenernya gak pantes diucapin oleh anak kecil. Padahal kan anak kecil tuh peniru yang ulung, mereka gampang banget nyerap apapun (bahasa, gaya, gerakan) yang dilihatnya. 

Lalu barusan aku update lagi tentang gerakan artis cilik generasi 90an ini. Dan sekarang mereka dibantu oleh beberapa orang lainnya mengadakan campaign Save Lagu Anak. 


Aku seneng banget sih, ternyata yang kapan lalu mereka ngumpul di vlognya Joshua itu gak cuman chit-chat atau omong doang, tapi mereka juga melakukan sebuah solusi untuk permasalahannya ini. 

Sebenernya sih ya, menurutku bukan lagu anaknya yang gak ada, tapi wadah atau media yang menayangkan lagu anak yang masih kurang. Karena mungkin peminatnya juga kurang. Kalo kita lihat beberapa tahun yang lalu, aku pernah baca di twitnya mas Pongky Barata, dia nyiptain lagu anak-anak. Tapi sampe sekarang aku gatau lagunya yang mana?

Lalu ada juga mba Tessa Kaunang kalo gak salah, aku lihat di infotainment gitu dia bikin album berdua sama anaknya, hanya agar anaknya gak dengerin lagu-lagu dewasa. Pertanyaannya, kenapa media gak menayangkan mereka secara gencar seperti jaman dulu?

Dulu kita punya acara musik anak, macam Dahsyat dan Inbox kaya gitu. Namanya Dunia Anak, Tralala Trilili, Ci..Luk..Ba... dan apalah lupa lagi. Aku inget banget sebelum berangkat sekolah kudu wajib nonton ini dulu, terus di sekolah ngobrolin lagu yang tadi di puter di TV lagu apa aja sambil nyanyiin ulang.

Sekarang Kita punya ajang pencarian bakat artis cilik di salah satu TV Swasta (sebut saja Idola Cilik). Tapi pas aku tonton, ini kenapa lagu yang dibawainnya lagu remaja-dewasa, paling mereka rubah sedikit liriknya aja. Udah gitu, gak ada label produksi yang ngambil jebolan dari ajang itu lagi, habis beres acaranya teh udah aja mereka teh gatau kemana bagaikan hilang ditelan bumi :(

Gimana ya...miris aja gitu liatnya. Bersyukur banget lahir di era 90an, jadi punya idola cilik yang emang bener-bener cilik. Sekarang mah, gara-gara gak banyak artis cilik untuk di idolakan, sepupu aku juga pas ditanya siapa idolanya jawabannya Adriana, Reva, Digo, Sisi, duh.....korban sinetron banget :'((((

Dulu juga sih aku kayanya nonton sinetron Tersanjung dan Tersayang yang sampe jilid 6 itu loh (kalo sekarang mungkin itu sinetron Cinta Fitri) tapi da gak inget siapa aja pemainnya dan gimana ceritanya hehe. Yang pasti mah dulu pernah punya topi Tersayang yang warna pink itu loh.

source: deviantart

Intinya, aku berharap banget dengan adanya campaign save lagu anak ini bisa jadi gebrakan besar industri musik Indonesia untuk menghasilkan banyak karya lagu anak dan artis cilik yang memang bisa mendidik dan pas untuk seumurannya. Boleh lah lagu cinta, tapi tujukan cintanya bagi orang tua dan keluarga. Terus kalo bisa sih meskipun lagunya cinta untuk mama tapi musiknya yang beat-nya rada energik gitu loh (apalah aku yang gak mengerti musik), karena kebanyakan sekarang lagu anak pada melow-melow, mungkin itu salah satu penyebab anak-anak kurang minat sama lagu anak jaman sekarang ya hehe.

Kalo enggak, bisa juga dong tayangin ulang aja acara musik jaman dulu itu. Jadi kaya salah satu TV Swasta yang nayangin ulang sinetron jadul itu loh macam tuyul dan mba yul, jinni oh jinni, dll. Palingan entar yang nonton kita-kita generasi 90an juga deh pada nostalgia wkwk, tapi ya gpp sembari diajakin nonton juga kan adek-adeknya.

Dan mungkin munculnya lagu lelaki kerdus ini ada sisi positifnya, kita jadi lebih aware sama lagu anak Indonesia karena ternyata lagu anak sekarang tuh udah segini bobroknya. Mudah-mudahan campaign save lagu anak ini benar-benar membuka mata dan hati semua orang, termasuk para produsen musik Indonesia.

Sebagai bentuk dukunganku untuk campaign Save Lagu Anak ini, disini aku mau share beberapa video buat kalian para ibu yang punya anak atau kakak yang punya adik masih kecil, atau bahkan untuk kalian para generasi 90an yang mau nostalgia masa kecil yang bahagia #ceilah 

*berasa banget udah tua* 

*yang penting masa kecilku terselamatkan* 

*bangga punya idola masa kecil macam leony, christina dan cindy cenora* 

*idola masa kecilku bukan macam karin novilda:))*

Oke, silahkan bernostalgia dengan masa kecilmu dengan menonton kumpulan youtube yang udah aku cari :)) 


Tasya Kamila - Paman Datang

Trio Kwek Kwek - Katanya 





Bondan Prakoso - Si Lumba Lumba
*sumpah ini gaya narinya lucu banget:))*


Joshua Suherman - Cit Cuit
*Joshua imut banget, gemesin waktu kecil*


Sherina Munaf - Lihatlah Lebih Dekat

Christina - Bagi Dua
*ini idola cilik ak waktu kecil, aku suka banyak banget lagu Christina seperti dr. john, pinokio, begini begitu*

Tadinya aku pingin share link lagu mp3 gitu, tapi gak punya :)) kalo temen-temen ada bisa share di comment, nanti aku edit post.

Mungkin dari aku cuman beberapa, aku harap para blogger disini juga ikut dalam campaign Save Lagu Anak ini. Harapannya sih mudah-mudahan para produsen musik dan media pertelevisian Indonesia bisa semakin sadar bahwa anak-anak butuh ruang dan wadah untuk mereka berkarya serta menikmati karya anak lain yang pas sesuai umurnya.

Jadi, siapa idola cilik kalian? 

With Love,

You Might Also Like

3 komentar

  1. Aku juga punya topi itu yg warna pink dan entah kemana sekarang wkkkk jaman kapaaan mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah serasa kekinian banget kalo punya topi itu ya ma hehe

      Delete

Subscribe