#DeviKitchenDiary - Soto Ayam Lamongan

7:11:00 PM

Hallo, Assalamualaikum.

3 hari ke belakang hujan terus sepanjang hari, rasa-rasanya udara kaya di puncak, dingiiiiin banget :( Gara-gara itu jadi males keluar karena kebetulan deket rumah juga lagi ada perbaikan jalan, jadinya jalanan becek, kotor, licin tanah merah (kalo kata orang sunda mah 'laledok' atau 'barelok') wkwk. Bikin males aja karena kalo keluar pasti kudu nyuci mobil juga *papaku agak rewel kalo liat mobil kotor dikit*.

Akhirnya main ke dapur deh karena bosen juga kan di rumah diem aja. FYI, dulu aku anaknya jarang main ke dapur, jadinya masak ya ga jago-jago amat, cuman bisa goreng telor, masak mie, nasi goreng. Baru sekarang-sekarang aja pas udah lulus kuliah jadi agak sering main ke dapur, jadi lumayan lah buat numis-numis sayuran. Hal ini dikarenakan sejak masuk SMA aku udah tinggal jauh dari orang tua alias ngekost *alasan*.

Nah karena cuaca lagi dingin banget, aku jadi pengen makanan yang berkuah. Aku emang kuah-addict banget! Dan seketika kangen banget sama soto ayam lamongannya kantin Lamanda deket asrama waktu kuliah. Kebetulan pas buka kulkas ada ayam, akhirnya aku nyobain deh masak sendiri di rumah. Ini kali pertamanya aku masak ngolah daging-dagingan. Sebelumnya ya cuman liatin mama doang.

Lalu aku nyari resep soto ayam lamongan, dan kebetulan karena belakangan ini memang seneng main di dapur, jadinya sering baca blognya bunda diah didi. Kayaknya para cooking lover pasti udah tau blognya bunda didi karena disana kalian bisa dapetin segala macem resep makanan mulai dari Indonesian food, sampe western food lumayan lengkap. Langkahnya pun mudah dimengerti dan diikuti untuk orang yang baru belajar masak. 

Sekarang langsung aja aku share resep soto ayam lamongan yang kemarin aku buat. Resep aslinya dari bunda didi, tapi aku modifikasi sedikit sesuai dengan apa yang aku praktekin kemarin. Selamat mencoba^^

SOTO AYAM LAMONGAN

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
1/2 kg daging ayam
1.200 ml air
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk, dibagi 2 (buang tulangnya)
garam secukupnya
gula pasir secukupnya 
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm jahe
1 cm kunyit, dbakar
2 butir kemiri, disangrai

Pelengkap:
2 bungkus soun, diseduh, ditiriskan
3 tangkai seledri, diiris halus
1 buah tomat, dipotong-potong
2 butir telur rebus
2 sendok makan bawang merah goreng
50 gram tauge (opsional)
50 gram kol, diiris tipis (opsional)

Bahan Sambal:
10 buah cabai rawit
4 buah cabai merah
3 siung bawang putih
garam secukupnya

Cara Pengolahan:

  1. Rebus air dan ayam sampai mendidih. Saring air kaldunya dan didihkan lagi dengan ayamnya. (disini aku suwir dulu ayamnya, tidak digoreng terlebih dahulu)
  2. Panaskan minyak, Tumis bumbu halus dengan serai dan daun jeruk sampai harum. Tuang ke rebusan ayam. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai matang.
  3. Angkat ayam. Goreng ayam sampai kecokelatan. Suwir-suwir. Sisihkan. (langkah ini aku skip karena ayamnya sudah aku suwir terlebih dahulu)
  4. Buat sambal dengan menghaluskan bahan-bahan sambal.
  5. Sajikan kuah soto dengan pelengkap dan sambal


Yap, itulah hasil masakanku hari kemarin. Untuk rasa, Alhamdulillah selama mama papa bilang ok ya berarti enak :") 

Btw masak itu bikin nagih juga ya, hehe. Jadi semangat nemu resep-resep baru nih! 

Love,

You Might Also Like

1 komentar

Subscribe