Pengalaman Melahirkan Anak Pertama

8:00:00 AM

Assalamualaikum..

Finally setelah berbulan bulan bersarang di draft post, hari ini launching juga :')

Hari ini tepat Kak Lula usia 3 bulan. Saya ingin share pengalaman saya kemarin saat melahirkan dan drama suka duka menjadi ibu baru di bulan pertama.

Jika kalian sudah baca postingan saya mengenai kehamilan saya, mungkin sudah tahu bahwa HPL saya jatuh di tanggal 12 Maret 2018. Maka dari itu, sejak usia 37 minggu yaitu tepat di tanggal 18 Februari, saya sudah bersiap-siap menyambut si buah hati dengan tinggal bersama mama kembali di Cihaurbeuti. Kenapa? Karena saya berniat ingin lahiran disana dibantu oleh mama saya dan kakak sepupu saya. Maklum ya keluarga banyak yang berprofesi bidan, jadinya ingin diem disana aja biar hati juga tenang.

Alasan lainnya saya pindah sementara adalah agar bisa menyiapkan mental dan fisik menghadapi persalinan. Siapapun juga pasti merasakan lah ya kalau ada mama disamping kita pasti hati ini bakalan tenang, jadi pikiran pun ga kemana-mana. Untuk persiapan fisiknya, saya disana jadi lebih rajin jalan pagi, hampir setiap hari, karena udara paginya memang enak, sejuk, pemandangannya pun bikin adem mata, sejauh mata memandang terlihat hamparan sawah. Beda lah sama di rumah yang lebih panas dan pemandangannya pun mobil lagi motor lagi gedung lagi.

Singkat cerita, karena persalinan saya ini terlalu diharapkan untuk terjadi lebih awal oleh saya dan suami (berharap di minggu 38-39), jadilah terasa amat sangat lama, dan ternyata sampai di tanggal HPL pun belum ada tanda persalinan. Otomatis saya pada saat itu sedikitnya ada rasa stress ya. Padahal induksi alami sudah saya lakukan. Jalan pagi tiap hari, naik turun tangga, termasuk makan buah durian pun sudah saya sikat 3 buah. 3 buah loh ya bukan 3 biji! Tapi ya bayinya masih betah anteng aja di dalem perut. 

Sampe akhirnya saya beli gymball untuk latihan pelvic dan mempercepat penurunan kepala. Gymball ini harusnya saya beli dari lama sejak hamil karena bisa dipakai untuk senam hamil, tapi malah saya beli mepet-mepet pas mau lahiran, lucuk :)

2 hari yang sangat lama

Tanggal 14 Maret pagi hari, akhirnya keluarlah blood slim alias lendir darah dari jalan lahir. Alhamdulillah, berarti udah bentar lagi kan ya. Tinggal nunggu dateng mules kuat dan teratur nih. Tapi ternyata, mulesnya gak kuat dan masih jarang-jarang. Saya tunggu sampe malem pun masih bisa bobo pules dong. Okay, anakku masih betah aja di perut ibunya, haha. Saya tetap main gymball untuk induksi alami.

Tanggal 15 Maret pun masih tetap gitu. Saya masih tetap kuat aktivitas ini itu karena memang mulesnya masih menggelitik, wkwk gaya banget. Padahal mah waktu itu bertanya-tanya mules mau lahiran teh sebenernya kaya gimana sih. Sampai sore-nya mama pun ikut khawatir karena liat blood slim saya banyak banget, kaya yang udah di fase aktif. Oh iya pagi kemarin itu karena saya penasaran, saya minta periksa VT sama mama, dan hasilnya masih belum ada pembukaan. Pun mulut rahim saya masih kaku dan ternyata letaknya retro alias di belakang banget. Jelas proses fase latennya bakalan lama nih karena sepengalaman aku pun kalau nemu pasien yang kondisinya seperti itu fase latennya bisa berhari-hari.

Nah karena kekhawatiran mama, akhirnya mama ngajakin periksa ke dokter untuk USG. Mendadak sore sekitar jam 6 kami pergi ke dokter, untung saya punya kenalan bidan yang kerja di klinik dokter tersebut jadi bisa nitip nomor antrian, hehe. 

Sepanjang perjalanan, saya agak khawatir kalo hasil USGnya jelek dan disarankan untuk induksi. Jujur aja, saya lebih takut menghadapi persalinan induksi ketimbang c-section. Ngebayangin nya aja dikasih mules buatan yang ga berhenti-berhenti udah serem banget, lebih mending SC deh kalo bisa milih. 

Alhamdulillah, hasil USG semuanya normal. Cairan ketuban masih cukup banyak, tidak ada pengapuran, letak plasenta normal, gerak bayi terlihat aktif, plusss ketika di USG itu pas muncul kontraksi yang biasa dari pagi aku rasain. Ternyata kata dokter kontraksinya bagus dan mungkin mulai kuat. 

Ajaib! Pulang dari dokter jam 9 malem, his (kontraksi)-nya mulai kuat. Tapi memang masih belum teratur. Saya dan suami langsung beranjak tidur. Lalu pas udah tidur, saya beberapa kali terbangun gara-gara kontraksi. Lhiat jam masih di jam 10 malem, mulesnya masih saya tahan-tahan aja. Tapi saya ga bisa tidur lagi, iseng saya itung mulesnya sendiri. Wah udah dapet 10 menit sekali dan mulai teratur dong. Saya masih males beranjak dari kasur karena ngantuk berat tapi ga bisa tidur. Saya pikir yaudah lah nanti aja subuhan mules kencengnya wkwk. 

Sampai akhirnya jam 12 malem saya bilang ke mama. Saat itu gak langsung diperiksa, tapi bobo lagi sama mama sambil dipijitin pinggang dan dibacain doa. Beneran deh rasanya aman dan tenang banget lagi kondisi gini sama mama sendiri, subhanallah. 

Jam 3 karena saya nyerah penasaran banget, saya minta periksa VT lagi. Hasilnya? Masih 1 jari tapi.....kali ini udah ada penipisan mulut rahimnya. Seneng!!! 

Nah sejak habis di VT itu entah kenapa hisnya makin nambah lama, kuat dan sering. Karena takut lahirnya cepet, saya nyempetin makan dulu sama telor ceplok plus kecap. Habis adzan subuh saya bangunin suami minta gak usah ke kantor. Saya juga nyempetin dulu BAB karena takut nanti BAB pas lagi ngeden, malu hihi. 

Akhirnya waktunya tiba! 

Sekitar jam 5.30, his makin kuat tapi masih bisa saya tahan. Saya minta jalan-jalan di depan ruang VK aja biar deket kalo ada apa-apa. Hanya bertahan setengah jam, saya udah minta tiduran lagi dan saya nangis karena mulesnya makin kenceng bangetttt. Iya emang nangis tuh jadi satu-satunya cara saya mengekspresikan rasa sakit. Dari awal hamil pun saya udah bilang ke keluarga kalo aku pasti bakalan nangis pas lahiran, cengeng sih. Wkwk. 

Jam 6.30 saya gakuat penasaran minta di periksa VT lagi. Berharap udah di bukaan 5-6 cm gitu ya karena mulesnya udah lumayan. Ternyata masih bukaan 4 cm dong. Alhamdulillah sih ada kemajuan, tapi ngebayangin nahan mules kaya gini sekitar 6 jam lagi? Saya makin nangis lagi. Saya merasa saya ko kalah ya nahan rasa sakit kaya gini, kalah sama pasien-pasien yang saya tolong. Sedih. 

Dari situ mules makin nambah makin nambah, saya hanya bisa nahan dan baca asma Allah. Mama saya disamping saya baca doa Nurbuat yang konon kata alm. kakek saya itu untuk memperkuat orang yang menghadapi ujian, termasuk ibu melahirkan. Pun suami saya siaga di samping kiri saya ngusapin dan ngasih support. Selama proses ini tangan suami saya jadi korban keganasan saya karena saya nahan-nahan dengan megangin tangannya dia, hihi. 

Sekitar jam 7 lebih, saya kalah. Beneran gakuat dong saya spontan ngeden-ngeden, padahal kalo secara teori dan berdasarkan pemeriksaan sebelumnya, belum waktunya untuk ngeden. Di titik ini saya bener-bener kaya yang hopeless bisa kuat nahan mules. Lagi, mama saya terus ngasih saya kekuatan dan kepercayaan kalo saya bisa. 

Jam 7.30 saya minta nahan mules sambil duduk. Gak nyampe 15 menit saya langsung terlentang lagi dan spontan buka kaki alias ngangkang posisi meneran. Begitu diliat, qadarallah, kepala dedenya udah crowning  di vulva! Waaaaw ku merasa ini hal yang ajaib! 

Tepat jam 8.00 akhirnya kakak lahir. Sekitar 15 menit aja proses kala 2 persalinannya, saya udah merasa cukup banget ngerasain gimana panasnya kepala ada di bawah. Langsung ngebayangin gimana yang partus lama? Masya Allah... 

Akhirnya saya bisa memeluk anak saya

Setelah lahir, Kalula langsung ditemplokin di dada saya untuk IMD. Terharu banget pas megang Kalula, masih gal percaya gitu. Tapi, katanya orang-orang dijahit habis melahirkan suka gak kerasa karena fokus udah ke bayi. Hedeeeeeh boro-boro. Saya mah teriak-teriak sepanjang di hecting gara-gara merasa panassss haha. 

Setelah 2 jam melahirkan, saya langsung pindah ke kamar saya biar bisa istorahat. Alhamdulillah di awal-awal masa nifas saya tidak mengalami kegawatdaruratan apapun. Hanya satu hal yang bikin saya dari beres melahirkan sampai sebulan ke depan merasa tersiksa: hemmorhoid! Yassalam.. 

Aselik! Setelah melahirkan saya jadi  punya Hemmorhoid alias wasir grade 3 kayaknya ya. Sakiiiiiit banget! Duh! Pokoknya yaaa saya sangat sangat menyarankan bagi kalian yang belum melahirkan dan sudah doyan pedas super gila, tolong dibatasin, lebih bagus berhenti! Karena kalo udah punya wasir sebelum melahirkan, niscaya setelah melahirkan mereka akan secara perlahan menyakitimu. Saya sih lebih sakit hemmorhoid -nya daripada lula bekas jahitan. Aslinya luka bekas jaitan mah gak ada apa-apanya! :))


Perjuangan baru saja dimulai

Setelah lahir, saya masih tinggal di rumah mama. Semua pekerjaan otomatis masih dibantu oleh mama dan untuk nyuci baju dan rapi-rapi masih ada ART. Lagipula, selama 2 minggu awal aktivitas saya sangat terhambat gara-gara hemmorhoid. Berasa ada daging yg udah dikulitin, terus disiram air panas. Kebayang ga? Duh pokoknya jangan sampe deh kalian ngalamin punya wasir kaya gini. 

Setelah 2 minggu, saya akhirnya pulang ke rumah. Dannnn spontan semua kerjaan saya yang ngerjain sendiri. No Nanny dan No ART. Gila sih. Tiap malem kerjaannya nangis nangis karena ngerasa gak mampu. Tiap denger kalula nangis rasanya sebel. Sering marah-marah ke suami. Kayaknya sih saya kena baby blues 😅 

Tapi setiap kali saya merasa cape dan gak mampu, saya selalu ingat perjuangan mama aku dulu. Ya bayangin aja dulu mah gak punya mesin cuci, ngambil air masih dari sumur, gak ada gojek-gofood kalo mendadak laperdan mager masak, belom lagi seminggu abis lahiran udah balik kerja karena status bidan desa. Masya Allah.... Langsung malu sama diri sendiri. Habis itu semangat lagi deh. 

Sampai akhirnya di detik ini, saya tetap bertahan no nanny dan no ART. Sekali-kali memang saya titipin kalula ke rumah mama mertua. Tapi itu beda ya, buat main sama mereka aja. Ngasuh, ngurus, mandiin dll tetep sama saya sendiri. Alhamdulillah... Bisa bertahan sampai detik ini adalah sebuah prestasi yang cukup besar buat aku, yang udah terbiasa ada ART dan ga ada pengalaman ngurus anak kecil karena gapunya adek. 

By the way, titel bidan aku sebenernya gak jadi jaminan aku jadi jago ngurus anak loh ya. Beda, sangat beda! Kerjaan bidan sama kerjaan IRT sangatlah berbeda ya buibu. Tetap aja saya juga suka keribetan ngurus anak. 


You Might Also Like

2 komentar

Subscribe