#BrideTalk03 - Wedding Venue

6:00:00 AM

Bismillahirrahmanirrahim...

Memilih wedding venue gampang-gampang-susah. Gampangnya karena sebenarnya di Tasikmalaya sendiri cukup banyak pilihan venue terutama indoor (untuk pilihan venue outdoor kurang tersedia banyak). Tapi susahnya untuk menyesuaikan lokasi agar strategis dengan tamu dan menyesuaikan dengan budget juga. Kestrategisan lokasi juga sebenarnya relatif sih, tergantung darimana kamu ngukur jauh-dekat atau mudah-susahnya lokasi tersebut dicapai.

Konsep aku sendiri sih indoor venue dan sebetulnya kita bisa melaksanakan acaranya di rumah sebagai pilihan venue pertama. Tapi, opsi rumah ini adalah opsi pertama yang aku coret dari list. Ada beberapa pertimbangan kenapa aku tidak memilih membuat acara di rumah.

Pertama, aku tidak memiliki halaman yang cukup luas. Kedua, lokasi rumahku sebenarnya cukup strategis, tidak jauh dari jalan utama dan tidak masuk gang kecil, tapi justru itulah pasti akan banyak lalu lalang kendaraan dan itu akan menjadikan acara kurang kondusif. Ketiga, tamu undangan lumayan banyak. Dan yang terakhir dan yang paling utama, rumah bakalan berantakan banget hahaha dan itu yang aku dan mamaku paling gak mau. Sebelumnya aku memiliki pengalaman mengadakan acara pernikahan kakak aku di rumah mempelai wanita dengan tamu undangan yang banyak. Hasilnya, tamu membludak dan rumah berantakan banget, bersihinnya gak cukup 3 hari guys... Aku sih mending acara di luar, nanti mama pulang ke rumah tinggal bobo cantik hihi.

Ok, lets start. Perlu diketahui sebelumnya, harga venue berikut adalah harga yang aku tanya pada sekitar Agustus-Oktober 2016. 

1. Bale Panghegar, Mandalawangi hotel (semi-outdoor)


Venue ini menurutku venue terhits di Tasik sejak jaman aku masih SMP (atau mungkin lebih lama lagi?). Lokasinya berada di Jl. RE Martadinata no. 177, sangat strategis bagi kedua keluarga kami, dan bagi tamu undangan tentunya karena berada di jalan utama Tasikmalaya tapi belum masuk ke pusat kota. Jadi tamu dari luar kota pun akan mudah menemukannya.

Tempatnya berupa pendopo dan semi-outdoor, halamannya luas banget, sejuk dan banyak pohon, enak untuk parkir karena luas dan nyaman. Kapasitas up to 2000 undangan. Harga sewanya 15 juta per 6 jam, tapi belum dengan plafon karena langit-langit bale nya sendiri kurang bagus kalo tidak dipakaikan plafon. Harga sewa plafonnya sendiri 4 juta. Fasilitas yang didapatkan diantaranya 100 kursi, 5 meja bundar, 2 orang polisi keamanan, 4 petugas parkir, panggung 4x4, dan tersedia ruang make up. Daya listrik 10.000 watt, tapi menurut kang dekor, daya di panghegar ini gak nyampe segitu karena mereka masih tetep butuh genset (dan itu kena charge lagi).

Meskipun lokasi semi-outdoor, menurutku tetep kita butuh AC dan itu masuk ke extra charge. Lalu apabila over-time kena charge juga sekitar 1,5 juta per jam. Belum sewa genset sekitar 3-4 juta. Untuk sewa kamar hotel mulai dari 350 ribu per kamar. Total yang harus dipersiapkan menurut kami sekitar 22 juta.

2. Aulia Hall Centre (indoor)



Lokasi tidak jauh dari Bale Panghegar, di Jl. Letnan Harun, dekat terminal Tasikmalaya. Sangat strategis menurutku karena terletak di jalan utama. Kapasitas up to 1000 orang, area parkir sangat luas tapi panas karena pepohonannya kurang. Harga sewa sekitar 8 juta, lengkap dengan ruang rias. Worthed banget menurutku. Bangunannya terbilang baru jadi masih bagus, untuk dekor gak akan terlalu memakan biaya lebih seperti di bale Panghegar.

3. Graha HT. Soemantri (indoor, outdoor)


Lokasi masih berdekatan juga dengan 2 venue diatas, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda, depan RS Prasetya Bunda. Dari depan kurang kelihatan karena terdapat ruko-ruko. Gedung ini sebenarnya gor bulu tangkis, tapi sering dipakai untuk acara resepsi bahkan wisudaan. Areanya cukup luas, dan bisa outdoor juga. Harga sewa sekitar 8 juta (indoor maupun outdoor). Kapasitas 800-1000 orang, disediakan 100 kursi, blower 6 buah, red carpet, ruang rias dan dapur. Extra charge untuk genset dan standing AC. Disini juga terdapat guest house yang lokasinya tepat didepan gedung (masih dalam area gedung).

Di HT Soemantri ini juga bisa outdoor dan biasanya acaranya malem. Area outdoornya lumayan bagus, ada taman vertikal dan cukup luas. Tapi kapasitasnya mungkin lebih sedikit dibandingkan kalau acaranya indoor sehingga acaranya harus lebih private tentunya.

4. Graha Asia (indoor)


Terletak di lantai 2 Asia Plaza. Lokasinya di pusat kota tepatnya di Jl. Kyai H. Zaenal Mustofa. Iya, graha ini berada di lokasi plaza atau mall kota. Tempatnya luas banget. Karena kadang kegedean, graha ini bisa kita sewa 1/4 gedungnya dengan harga tentu lebih murah. Harga sewa full gedung nya 37,5 juta sedangkan 1/4 gedung 20 juta. Meskipun disebut 1/4 tapi menurutku itu setengah gedung hehe.

Ruangan full AC ditambah dapat free stand AC 4 buah, kursi up to 700 buah dan biasanya mereka hanya keluarin 200 buat wedding, tapi kalo pingin dikeluarin semua boleh (kalo cukup, haha), meja bulat 7 buah, tersedia panggung paten (lupa berapa ukurannya) dan panggung buatan 4x10 m (dikasih free), daya listrik 10.000 watt dan menurut kang dekor di graha asia ini gak perlu ada genset. Lalu kapasitasnya up to 3000, untuk 1/4 graha sekitar 1000-1500, dan dapat free satu room hotel VVIP kalo kita sewa full graha, sedangkan kalo sewa 1/4 graha kita dapat disc 30% untuk sewa room hotel.

Menurutku harga yang ditawarkan lumayan worthed mengingat fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap. Hanya kekurangannya menurutku sih lokasinya yang nyatu sama mall. Sebenernya masalah ini plus minus juga sih, minusnya parkiran otomatis nyampur sama pengunjung mall dan kurang private aja gitu apalagi weekend kan bakalan penuh banget parkiran.

Udah gitu lokasi juga di pusat kota yang mana kerabat dari luar kota khususnya yang belum pernah ke Tasik bakalan agak kesusahan nyari lokasi (yakaliii da sekarang mah jamannya waze). Tapi disisi lain ada nilai plusnya juga, tamu yang dateng bisa sambil rekreasi dan belanja bulanan, hahaha. Terus kalo hujan, tamu bisa parkir di basement dan masuk lewat mall, jadi baju gak kebasahan kan, hehe.

5. Rafflesia Ballroom, Santika Hotel (indoor)


Lokasinya di Jl. Yudanegara, santika ini juga termasuk di pusat kota. Yang survey kesini kakakku, jadi aku gak lihat langsung kondisi ballroomnya. Tapi lihat dari galeri fotonya yang jelas pasti oke banget lah ya. Harga sewa gedungnya kalo kita nanya sendiri sekitar 60 juta guys, beda banget kalo kita nanya ke WO bisa ampe 25 juta. Dan memang Santika ini memberikan peraturan untuk acaranya wajib pakai WO, gak boleh diurus sendiri pake panitia keluarga. WO nya pun tentu yang rekanan mereka, diantaranya Samudera, Wina dan Santika sendiri.

Untuk Santika WO sendiri, paket yang ditawarkan ada silver (125 ribu/pax untuk 500 orang) dan gold (160 ribu/pax untuk 1000 orang). Harga tersebut sudah termasuk WO dan free room hotel. Kapasitas ballroomnya 800-1000 orang, lebih kecil dibandingkan Graha Asia, tapi lebih mahal.


Sebenernya masih banyak venue di Tasikmalaya yang bisa digunakan, tapi berhubung di list book aku hanya beberapa, aku gak nyari info lebih lanjut ke gedung-gedung lain. Mungkin aku akan share sedikit saja mengenai lokasinya saja ya.

6. Gedung Juang 45
Lokasi: Auditorium dan gedung Serbaguna, Jl. Taman Makam Pahlawan, Tasikmalaya.

7. Gedung Renald
Lokasi: Jl. Cilembang No. 40 Tasikmalaya

8. Ballroom Ramayana Hotel
Lokasi: Jl. RE Martadinata No. 333, Tasikmalaya
Sedikit info untuk ballroom Ramayana kapasitasnya up to 500-800 orang. Sejujurnya, aku telat mengetahui info ballroom ini, padahal lokasinya strategis (masih berdekatan dengan bale Panghegar), parkir luas, gedung baru, tapi udah terlanjur masuk DP ke gedung lain haha, jadi yasudahlah..
#UPDATE!!!
Sabtu lalu aku menghadiri resepsi di ballroom ramayana hotel, ternyata tempatnya kecil dan parkiran sempit. Jalanan macet banget, kasian pak polisi yang gatur, hehe. Kalo tamu undangan kalian lebih dari 1000 orang sepertinya tempat ini bukan pilihan.

Sekian postingan mengenai wedding venue di Tasikmalaya. Next post tentang apa ya? MUA? Photo? Catering?

See ya,

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe