#BrideTalk04 – Catering Vendor in Tasikmalaya

2:30:00 AM

source: here
Pengusaha catering di Tasikmalaya sebenarnya banyak banget, tapi biasanya kalo ke acara orang, catering vendor nya pasti seputaran itu-itu lagi. Yang paling sering aku temuin adalah Samudra, Wina, dan Andhika. Selain itu kadang pake jasa catering dari luar kota.

Setelah aku pelajari dari blog-blog wedding, ada beberapa hal mendasar yang penting banget diperhatikan ketika kita memilih vendor catering. (poin dibawah aku kutip dari blognya teh Dila)
  • Presentasi porsi: Presentase untuk Buffet, Dessert dan Food stall. Misalnya untuk 1000 porsi persentasenya 100%:50%:50%. Artinya untuk Buffetnya 1000 porsi, dessert 500 porsi dan food stall 500 porsi. Rata-rata catering di Tasikmalaya sih presentasenya seperti itu, jarang yang menyajikan buffet <100% karena kebiasaan orang-orang Tasik mah kalo ke ondangan ya kudu makan nasi, hehe.
  • Fasilitas catering: seperti dekorasi catering, peralatan makanan, meja dan buku tamu, bunga hidup, pot jalan, sampai taman pelaminan dan mobil patwal, beragam pokoknya setiap catering pasti berbeda-beda sesuai dengan paket yang diambil juga.
  • Ketentuan catering: Jangan lupa untuk tanya harga paket yang tertera itu untuk berapa pax. Jadi misal paket A dengan harga 40.000, apakah ada ketentuan minimal order? Misalnya untuk 500 pax. Apabila lebih dari 500 pax, adakah potongan per pax nya atau justru kena charge lagi? Hal tersebut sangat penting untuk diketahui.
  • Appearance/Presence: Nah untuk poin ini sebenarnya menurutku relatif sih ya. Gimana selera yang mau ngadain acara. Ada yang lebih ngutamain tampilan oke walaupun makanan biasa aja, ada juga yang ngutamain rasa walaupun tampilannya biasa aja. Ada pula yang tampilan dan rasa bener-bener kudu oke. Kalo aku sih tipe yang penting rasa uenak, hehe.
  • Test food: Poin terakhir adalah poin yang paling penting deh. Karena hanya rasa makananlah yang akan teringat sampe sekian bulan acaranya lewat. 
Bersyukurlah wahai kalian yang mau ngadain resepsi di Tasik dan sekitarnya, karena catering di Tasik itu keitung murah-murah tapi gak murahan. Ok kita mulai aja ya

1. Samudra Catering

Namanya udah dikenal baik di Tasikmalaya dan Ciamis, bahkan sekarang sudah mulai meroket ke Bandung. Untuk alamat di Tasik berada di Jl. Tarumanagara No. 29, sedangkan di Ciamis ada di Jl. Jend. Sudirman No. 7 (sebelum masjid agung Ciamis dari arah Bandung). Kalo yang di Bandung katany di Komplek Perumahan PU Terusan Buah Batu.

Paket yang ditawarkan sangat beragam dengan harga mulai dari 34.500/pax sampai 97.500/pax dan terbagi menjadi 3 jenis paket pernikahan dengan fasilitasnya pun yang berbeda-beda. Presentasi porsinya 100%:75%:50%, cukup tinggi menurutku. Untuk rasa, karena udah sering ketemu Samudra di nikahan orang, jadi menurutku udah ok banget. Info lebih lanjut bisa hubungi ibu Hj. Nyinyi 0811211454

2. Wina Catering

Wina ini juga sangat dikenal baik di Tasikmalaya dan Ciamis, sekarang namanya lagi naik daun banget menurutku. Lokasi Wina sendiri sebenarnya di Ciamis, di Jl. Ir. H. Juanda No. 49. Di Wina ini juga punya tim WO sendiri. Tapi waktu pertama kesana karena gak janjian jadi gak ketemu a Arif nya, makanya gak ditawarin WO nya hehe. Harga paketnya start from 30.000/pax sampe 55.000/pax dengan presentase 100%:75%:75% wow tinggi banget kaaan? Fasilitas yang di dapatkan kalo kita gak pake WO nya diantaranya peralatan makan, dekor catering, meja tamu, meja makan pengantin, meja makan VIP, kue pengantin, bakakak dan paket besan. Kalo kita pake WO beda lagi fasilitasnya, tergantung kita pilih paket yang mana.

Mengenai rasa, udah jangan ditanya lagi, Wina ini langganan mamaku kalo pulang dari Dinkes Ciamis, hehe. Untuk appereance-nya lumayan ok. Sebenarnya di Wina ini kita bisa request untuk tampilan makanan stand lebih bagus seperti wadah cup plastik diganti botol, piring karton ganti mangkuk beling, tapi kena charge lagi. Jadi kalo aku sih gak masalah ya karena the taste is still numero uno. Tapi tampilan Wina ini gak usah request juga udah bagus ko, haha. For more info (0265) 772481 atau cek instagram di Wina Wedding Planner.

3. Andhika Catering

Sering banget ke undangan yang pake Andhika, tapi gatau kenapa kemarin tuh gak nyari info lebih lanjut. Padahal menunya lumayan oke dengan harga terjangkau, dan bahkan pernah ketemu juga sama ownernya wkwk tapi itu dulu sih jauh sebelum ada persiapan wedding gini. Menurut infotemen, harga yang ditawarkan sekitar 30.000/pax plus minusnya kurang tau sih. Sorry to say kalo aku gak punya info lengkap mengenai Andhika ini.

4. Mulky’s Catering

Kebetulan yang punya catering ini kakak kelasku waktu SMA. Sejak aku update foto di ig tentang lamaran, a mulki ngehubungin aku untuk nawarin cateringnya. Wah, ku pikir kenapa gak dicoba ya kan? Kalo kenal sama yang punyanya kan kali aja dapet diskon hehehe.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, paket catering only mulai dari 24.500/pax sampe 31.500/pax. Ada juga paket happy 30.000/pax dan diamond 85.500/pax dengan minimal order 1000 pax, fasilitasnya berbeda dengan yang catering only, diamond ini termasuk make up, photo, dekor, dll nya lengkap semua dan free honeymoon ke bali juga. Waw, tertarik kan? Akhirnya aku coba janjian sama a mulki untuk test food.

Jadi, untuk rasanya ya lumayan enak. Hampir mirip-mirip sama Andhika menurutku. Tapi sayang pas kesana mungkin udah kesiangan jadi gak sempet nyobain stand dessert sama food stallnya.Terus untuk dekornya lucu juga, lagi-lagi kebetulan aku dateng ke acara yang ambil paket paling bawah, jadi gatau deh menurutku jadinya biasa aja. Gatau juga sih kalo kita ambil paket happy atau diamond. Tapi dari galeri foto yang dikasih mah bagus. Dekor rekanannya a mulki ini sama cosmo dekor. Info lanjut hubungi 085221600001/081320041380 (Mulki)

5. Herlinah Catering (Garut)

Tau herlinah ini dari nikahannya teh Citra di Garut. Katanya sih sekarang beliau yang punya Pujasega Garut. Langsung jatuh hati deh pas makan, menu buffetnya enak-enak banget, sayurannya seger-seger, enak banget pokoknya! Stand makanannya juga cantik, rasa udah pasti oke. Ini nih yang kata aku rasa itu nomor 1. Karena sampe sekarang makan di resepsi teh Citra inget terus padahal udah taun lalu acaranya, hihi.

Untuk info yang aku dapat dari teh Citra, dia ambil paket yang 60.000/pax dengan 6 stand makanan, tapi kenyataannya dikasih lebih dari 6, gatau 8 apa 9. Harga segitu dia udah termasuk dekorasi catering dan dekor gedung. Recommended banget menurutku, tapi sayang aku ga tanya lebih lanjut. Soalnya susah banget di kontak orangnya teh, nyari review di blog juga gak ada dan gak ada sosmed juga, heuuu.

6. Celdi Catering

Tau Celdi lagi-lagi dari blog teh Dila. Liat appereance nya langsung jatuh cinta dan penasaran banget sama Celdi. Langsung aku hubungi contact personnya dari Juli lalu dan langsung dikirim price list nya. Untuk range harga sekitar 100.000/pax sampe 120.000/pax, masih bisa nego. Kena charge akomodasi luar kota sebesar 25-30 juta. Sebenarnya mas Disa ini aslinya orang Tasik juga, aku sih awalnya berharap bisa nego banyak banget. Tapi mamaku langsung nolak untuk pake Celdi, karena out of budget banget bok! Haha jadi yasudahlah, tamu yang diundang juga kan keitung 1000 jadi untuk porsi pasti sekitar 2000-2200 an kan. Otomatis pasti membengkak banget budgetnya kalo pake Celdi.


Hasilnya aku pilih Wina dan akhirnya aku pake Wina catering sekaligus sama WO nya, hehe. Fyi, keputusan pake WO ini aku buat setelah aku muter-muter nyari info vendor sendirian.

Kenapa jadinya pake WO? Tenang, nanti bakalan aku bahas di post terakhir deh ya pokoknya. Oh ya, teh Riana selaku owner catering ini juga sahabat baiknya mas Disa dari Celdi, dia bilang Celdi ini panutannya dalam memperbaiki tampilan cateringnya. Kasarnya mah, beliau "nyontek" Celdi untuk menyajikan tampilan dan hidangan lebih baik lagi. Nyontek untuk lebih baik bukannya bagus kan? Waah, karena tau gitu aku langsung yakin deh sama Wina, hehe.

With Love,

You Might Also Like

9 komentar

  1. terima kasih banyak mba, artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    Catering

    ReplyDelete
  2. sungguh sangat membantu untuk para calon pengantin mengenai catering pernikahan

    selain catering pernikahan, ada yang tidak kalah pentingnya loh guys.
    persiapan undangan souvenir dan mahar pun juga sama pentingnya !!

    Anaria Wedding akan membantu persiapan pra nikah anda sebagai calon pengantin tak perlu bingung.
    Anaria Wedding membantu menjawab semua keperluan anda mulai dari Undangan, Souvenir, Mahar, dan Hantaran/Seserahan
    kami melayani konsultasi gratis
    segera hubungi team kami

    Salama :
    WA/Tlf 0856 4591 3004
    http://souvenirnikah.co.id

    ReplyDelete
  3. Hallo kaka calon pengantin Bandung Kami dari HIS Balai Sartika Bandung kini hadir dengan konsep One Stop Wedding Service dengan Gedung sudah full carpet dan full ac central dan didampingi dengan Wedding consultant untuk membuat pernikahan kaka-kaka menjadi lebih bersejarah, ALL IN PACKAGE sudah termasuk cathering,make up,dekorasi,photogrhapy,music entertainment,upacara adat,siraman,profesional MC dapatkan juga Honeymoon untuk 3 Hari 2 Malam untuk BOOKING di bulan Februari 2019 Untuk Info lebih lanjut Hubungi Kami 087804563524(Dhiny) Make Your Wedding Unforgetable!!!

    ReplyDelete
  4. Dear groom & bride to be..
    Cari gedung pernikahan di bandung dan di tengah kota?
    Mudah aksesnya, dan dekat dengan pintu tol?
    Ga mau ribet urusin pernikahan? HIS Wedding & Organizer solusinya !
    Akang dan teteh akan di dampingi oleh Wedding Consultant yang profesional, dan kami menghadirkan Gedung Convention Hall Rasa Hotel yang FULL CARPET & FULL AC yaitu BALAI SARTIKA CONVENTION HALL yang ada di Buah Batu itu loh (Bikasoga) dan bekerjasama dengan VENDOR TERNAMA DI KOTA BANDUNG.

    PROMO FLASHDEAL : APRIL
    CASHBACK 20 JUTA RUPIAH
    Mau konsultasi boleh langsung hubungi aja Zulfa 089611648377(Fast Respon)

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Selamat pagi akang dan teteh calon penganten Kota Bandung.

    Bagi akang teteh yang sedang mencari gedung penikahan, wedding organizer, dan ingin mendapatkan vendor-vendor terbaik di Kota Bandung tidak perlu khawatir karena aku dari HIS Balai Sartika Convention Hall akan membantu keinginan akang dan teteh untuk menciptakan pernikahan impian akang dan teteh nih. Di HIS Balai Sartika Convention Hall sekarang sudah One Stop Wedding Service yang dimana nanti mulai pre wedding, wedding day, dan post wedding akan ada yang membantu dan memberikan saran untuk pernikahannya teteh dan akan ada pendampingan hingga acara pernikahannya. Akang dan teteh bisa menentukan vendor-vendor yang di dinginkan nanti akan aku kasih referensi nya.

    Di HIS Balai Sartika sudah full carpet, Lokasi yang sangat strategis dekat dengan Tol Buah Batu dan Moh.toha, AC nya pun sudah centaral, terdapat 4 ruang rias (2 VIP makeup room), kapasitasnya pun hingga 2000pax, untuk parkir kendaraan mencapai 600 kendaraan. Hanya dengan BOOKING 5JUTA akang dan teteh bisa mendapatkan bonus UMRAH untuk 2 orang atau Honeymoon ke MALDIVES selama 5 Hari 4 Malam!!!

    Ingin mendapatkan info selanjutnya ? Langsung hubungi aja ke :
    ROSIANTI,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosianti.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  6. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete
  7. Hallo Brides & Grooms to be, Buat kalian yang sedang mencari gedung pernikahan full carpet dan nyaman, HIS Balai Sartika Convention Hall Bandung bisa jadi pilihanmu. Selain gedung pernikahan kalian juga tidak perlu repot lagi mencari wedding planner dan wedding organizer, catering, dekorasi, MC, fotografi, prosesi adat, rias busana, wedding car, musik entertainment. Tinggal pilih vendor yang kalian inginkan aja. Dapatkan free undangan 500pcs, souvenir 500pcs dan logam mulia 5gram, tanpa diundi! Info lebih lanjut bisa hubungi jeannita (WA 081266563940).

    ReplyDelete
  8. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete

Subscribe