My Skincare Routine

9:17:00 PM


Hai!

Sekarang-sekarang ini aku lagi centil. Lagi seneng-senengnya diem di depan cermin, megangin kulit wajah, merhatiin setiap sisi-sudut-derajat-siku-helai dari apa yang dilihat di depan cermin. *lebay*. Gak tau kenapa aku merasa wajah aku sekarang lagi bagus-bagusnya banget, meskipun iya si bekas jerawat masih betah nongkrong di kedua pipi ini. Tapi ya udah lama aja gak nemu jerawat membandel, bahkan bruntusan di jidat pun rasanya udah lama aku gak megang.

Kali ini aku ingin share skincare apa aja yang aku pakai. Produk yang aku pakai ini sebagian besarnya produk drugstore offline-store, sebagian laginya harus beli online, beberapa juga aku pakai produk dari dokter, dan ada juga aku pakai dari bahan-bahan di dapur.

Oh ya, sebelumnya aku mau jelasin kalo kulit aku ini tipe oily-combination. Ya, oily di area T-zone dan normal-kering di area lainnya. Kondisi kulit kita terkadang berubah-rubah dari waktu ke waktu sesuai dengan kondisi lingkungan, maka pastikan skincare yang kita pakai juga mampu untuk memenuhi kebutuhan kulit kita pada waktu itu. Sehingga bukan tidak mungkin skincare routine pun juga akan berubah mengikuti perubahan kondisi kulit kita.

Basic Skincare Routine for Acne and Oily Skin
source: mykittybeauty
Berikut diatas aku kutip skincare step dari blognya My Kitty Beauty. Step-step diatas merupakan skincare lanjutan, karena sudah menggunakan double toning, serum, dan emulsion. Sedangkan yang aku pakai sekarang ini masih basic skincare. Dikarenakan aku sendiri masih harus mendisiplinkan diri untuk memakai full basic skincare. Kalo udah disiplin (dan punya budget lebih) aku akan coba untuk ke tahapan skincare lanjutannya.




MY CURRENT SKINCARE ROUTINE:



1. First Cleansing (Day & Night)

Bagi kalian yang sudah mengenal double cleansing pasti tahu bahwa first cleanser ini terdapat dalam beberapa bentuk, ada dalam bentuk oil, gel, balm, bahkan water. Sejak aku kenal dengan cleansing water, aku langsung ngerasa cocok dengan cara kerjanya karena dia tidak memberikan kesan lengket. Cleansing water atau akrab disebut micellar water ini terbuat dari micelles, yaitu sejenis molekul minyak untuk membersihkan, yang menempel dengan air sehingga dapat membersihkan kulit dari make up tanpa membuat kulit wajah kering. 

Sekarang aku menggunakan micellar water dari The Saem Healing Tea Garden varian White Tea. Ya, aku sebenarnya salah beli varian karena sesuai dengan claimnya White Tea ini sebenarnya diperuntukan untuk kulit kering :( Tapi ya dibuang sayang yasudah aku pakai saja deh ya. 

The Saem White Tea ini juga memiliki kandungan AHA yang bisa digunakan untuk bekas jerawat atau dark spot. Mungkin karena jenis kulitku oily-combination (kering di bagian pipi), maka hingga saat ini aku tidak menemukan masalah apapun dari penggunaan micellar water yang salah varian ini. Untuk dark spot sih masih tetep betah nongol di pipi tapi aku pikir memang agak sedikit memudar. Next, aku akan bikin post khusus untuk produk ini ya.



2. Second Cleanser (Day & Night)

Second cleanser aku berupa facial wash, dan aku pilih dari Acnes Facewash Oil Control. Banyak yang mengira produk Acnes ini khusus untuk wajah yang berjerawat, padahal tidak. 

Beberapa bulan lalu aku sempat review cleanser dari Cetaphil disini, tapi tidak aku lanjutkan sebagai skincare routine-ku. Disamping budgetku yang gak nyampe untuk beli tiap bulan, aku juga merasa menggunakan Acnes ini kotoran di kulit wajah lebih terangkat. Aku sangat suka dengan Acnes facewash oil control ini daripada Acnes creamy wash karena dia tetap memberikan nutrisi pada kulit sehingga tidak terlalu memberikan efek greasy.



3. Hydrating Toner (Day & Night)

Setelah cuci muka, aku pakai toner untuk menetralkan kembali kondisi kulit. Disini aku pake Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion. Cara pakainya tinggal dituang ke tangan beberapa tetes lalu dioles ke seluruh wajah dan leher (tanpa menggunakan kapas). Efek yang sudah aku rasakan dari pemakaian Hada Labo ini adalah wajah terasa lembab dan lembut. Hal itu dikarenakan produk ini di-claim mengandung Hyaluronic Acid yang bekerja untuk melembabkan dan melembutkan kulit.

Selain itu, produk ini juga di-claim mengandung Vitamin C yang dapat mencegah kulit kusam dan menangkal efek radikal bebas, serta high puruty arbutin yang mana dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. 




4. Moisturizer + Sun Protecting (Day)

Jujur, sampai saat ini aku belum menemukan day cream yang cocok di kulit aku, sampai akhirnya aku menyerahkan pilihan day cream ini menggunakan produk dari dokter. Sedikit aku ulas alasan kenapa aku pada akhirnya bisa punya produk dari dokter. Jadi sebelumnya aku pernah perawatan di klinik Na**sha, dan setelah aku baca review di Female Daily, sangat mengejutkan karena banyak sekali efek dari kandungannya yang "gosipnya" mengandung steroid, sudah nampak di wajahku. Seperti timbulnya spider vein dan muncul bulu-bulu halus di sekitar wajah khususnya di pelipis. Nah, kalo bukan dari produk itu, lalu darimana kan? Telat banget aku sadarnya :(

Lalu setelah lepas produk tersebut, aku istirahtin dulu wajah dan setelah itu aku gonta ganti day cream untuk mencari yang pas. Tapi, hasilnya kalo gak bruntusan ya kusam. Akhirnya aku beraniin untuk ikut kakakku konsul ke dr. Sp.KK di klinik Java Medika. Waktu itu aku dikasih satu set skincare, tapi karena aku khawatir atas kandungannya, aku pakai satu-satu dalam beberapa minggu untuk mengetahui mana saja produk yang gak cocok di kulitku. 

Setelah percobaan beberapa minggu, aku merasa day cream ini tidak menimbulkan bad effect pada kulitku sehingga aku pakai berulang produk ini sampai akhirnya nanti aku menemukan day cream yang benar-benar cocok di kulitku. Sebenarnya day cream Java Medika ini cukup oke dipakai karena dia nggak bikin muka aku kusam. Nilai plus lagi karena mereka mencantumkan komposisinya di kemasannya sehingga aku bisa cek apa saja kandungan yang berbahaya di dalam produk ini. Day cream ini di-claim mengandung moisturizer dan SPF 25. Next, aku akan buat postingan khusus juga untuk bahas Java Medika Skincare.

Untuk day skincare cukup sampai disitu saja, selanjutnya aku lanjut memakai daily makeup.




5. Night Cream (Night)

Night cream yang sekarang aku pakai juga masih dari Java Medika. Disini ada 2 jenis night cream yang diberikan oleh dokternya. Yang no 1 disana tertulis TC White yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah. Sedangkan no 2 tertulis Aza Krim yang berfungsi untuk memperbaiki struktur kulit. Disini aku paling sering hanya menggunakan no 1 saja, karena no 2 ini kadang menimbulkan efek perih di sudut wajah, seperti produk-produk dari Na**sha.

Untuk no 1 juga aku tidak pakai setiap hari, aku seling dengan sleeping pack setiap 2 hari sekali. Untuk no 2 aku pakai 3-4 hari sekali sehingga sudah tidak pernah lagi ada bad effect yang aku rasakan. Tapi, aku tidak memakai krim no 2 ketika memakai sleeping pack. Disamping itu, aku masih terus mencari produk night cream yang cocok untuk kulit wajahku.

#UPDATE# 25 Januari 2017
Aku udah gak pakai day & night cream dari Java Medika lagi karena suatu hari aku gak pakai night creamnya sekitar 4 hari, pas malam berikutnya mau aku pakai lagi isi krimnya berubah jadi agak kehitaman (kondisi krim waktu itu tinggal sedikit lagi sisa di tube nya). Ya Allah parno sejadi-jadinya karena takut krimnya mengandung bahan berbahaya sampe jadi hitam begitu :'( Jadi aku bener-bener stop pemakaian krim dari Java Medika dan mulai beralih ke day&night creamnya L'oreal yang White Perfect Clinical. Baru jalan sekitar 2 minggu dan aku belum bisa kasih review apapun. 



6. Sleeping Pack (Night)

Sleeping pack ini fungsi sebenarnya untuk mengunci semua skincare yang kita gunakan. Tapi Tony Moly Panda's Dream White Sleeping Pack ini meng-claim produknya multifungsi, yaitu dapat menghidrasi dan mencerahkan kulit wajah. Jadi, kupikir tanpa menggunakan skincare sebelumnya pun tidak masalah, karena sleeping pack ini bisa bekerja ganda.



7. Lip care (Night)

Untuk perawatan bibir, aku pilih Vaseline Petroleum Jelly. Meskipun produk ini bukan produk khusus untuk bibir, tapi produk ini cukup melembabkan bibir aku. Setiap aku pakai Vaseline ini, saat bangun tidur aku mendapatkan kulit bibir yang mati mengelupas di bibir. Jadi aku sangat puas memakai Vaseline Petroleum Jelly ini sebagai lip care ku.


SKINCARE WEEKLY ROUTINE:

Selain daily skincare routine, aku juga melakukan weekly skincare diantaranya exfoliating dan masking.

1. Exfoliate

source: YouTube GDiipa
Untuk exfoliate kulit aku, aku pilih diy home remedies. Yaitu menggunakan lemon-gula-madu atau putih telur-gula-madu. Aku mendapatkan resep diy ini dari youtube channelnya Gurung Diipa, seorang Youtuber asal Nepal yang suka share mengenai skincare khususnya for oily skin. Aku sangat sukaaaa banget exfoliating dengan bahan-bahan dapur ini karena selain murah, efeknya pun langsung terasa banget di wajah. Sempat waktu itu aku pulang liburan dari Jambi, muka aku breakout parah. Bruntusan di jidat, jerawat di pipi, dan juga kulit ngitemin.

Lalu aku exfoliate kulit wajah aku 2 kali seminggu selang seling. Pertama aku pakai lemon-gula-madu untuk menghilangkan bruntusan dan jerawat di wajah. Kedua aku pakai putih telur-gula-madu untuk mencerahkan kulit wajah. Dan beneran ajaib! Dalam waktu 1 bulan saja wajahku sudah membaik. bruntus dan jerawat hilang, warna kulit pun sudah kembali seperti sebelum pergi ke Jambi, yeay!

Buat kalian yang masih bingung cari produk perawatan mingguan, you must check her YouTube channel, seriously! 


2. Masking


Terakhir, aku lagi senang pakai Skin Food Rice Mask Wash Off ini sebagai masker mingguanku. Masker ini tinggal pakai dan tunggu 15 menit lalu bilas. Efeknya mencerahkan kulit wajah.


Sekian produk skincare routine yang aku pakai sekarang ini. Mudah-mudahan bisa jadi referensi bagi kalian ya beauties!

See you!

You Might Also Like

2 komentar

Subscribe